August 04, 2007 | By: BangDhika

ORANG BESARRR...???


Pernahkah sobat bermimpi menjadi orang besar..???
Kalau pernah mungkin itu salah satu pertanda sobat, suatu saat akan menjadi orang besar seperti yang pernah sobat mimpikan dan kalau belum berusahalah untuk mimpi menjadi orang besar...
Orang besar disini bukan berarti orang tersebut harus jadi pejabat seperti presiden, gubernur atau jabatan-jabatan lain yang sekarang ini menjadi tujuan bagi segelintir orang yang berambisi untuk memanfaatkan fasilitas dan kekuasaan sesaat....
Orang besar berarti orang yang tahu nilai diri sendiri dan biasanya diimplementasikan berupa penghargaan terhadap dirinya sendiri apalagi terhadap orang lain.
Untuk menjadi orang besar kita pun akan bertemu musuh yang paling besar yang akan setiap orang hadapi tak lain diri sendiri terkadang diantara kita tak pernah mengakui kelemahannya, kesalahannya dan semua kegagalan-kegagalan yang berasal dari diri sendiri.
Untuk itulah orang besar yang dimaksud tak lain adalah orang yang bisa mengalahkan ke-egoannya sendiri karena ia (orang besar) akan lebih bisa memahami orang lain dan menghargai orang lain dibandingkan mereka yang besar karena ambisi. terkadang ane berfikir kapan ane menjadi orang besar jika setiap masalah selalu mengalahkan diri ane sendiri sulit rasanya untuk menang, diam sejenak dan mengambil langkah apa yang harus ane lakukan. Bukankah orang besar itu orang yang sabar, orang yang tahu kelemahan diri sendiri..??? dan pintar mencari kelebihannya setiap kali memikirkan hal itu beribu perasaan muncul tak pelak rasa keraguan pun sering mematahkan semangat tapi ane ingat inilah tahapan pertama yang harus dilalui jika ane kalah ane tak akan pernah mengenali diri ane sendiri dengan segala kelemahan yang ada dan mencoba bangkit menjadi orang besar....

Ane yakin setiap orang pasti merasakan hal yang sama disaat semangat yang menggebu-gebu itu datang selalu dibarengi dengan keraguan yang tak kalah besarnya dari semangat tadi dan sialnya mengapa keraguan itu yang selalu menang...??? nah kalau sudah seperti itu setiap langkah yang kita jalani terhenti saat itu juga.
So... be a positive thinker dan tampik semua pikiran yang ada didalam diri karena itu adalah penghambat kita untuk menjadi orang besar, sebenarnya masalah setiap orang sama hanya saja berbeda judul, for example masalah tentang anak, masalah ekonomi (masalah klasik memang...) masalah kerjaan dan masih banyak sekali masalah-masalah lain.... kita bisa lihat semua judulnya adalah masalah dan kesimpulannya pun sama, pecahkan, hadapi dan cari jalan terbaik setiap masalah walaupun nantinya menimbulkan dampak yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya. Belajarlah mengambil satu keputusan dengan berani tapi syaratnya kita tahu konsekwensi di masa yang akan datang baik buruknya, jika baik yang datang terima dengan rasa syukur jika buruk yang datang jangan tambah keburukan dengan umpatan dalam hati dan rasa sesal yang tak kunjung berhenti jadilah orang besar... klo kata pakar motivator yang mungkin sudah sobat kenal yaitu Bp. Andrie Wongso “GOOD TO BE GREAT”...
Postingan ini ane tujukan buat diri ane sendiri dan moga bermanfaat buat sobat semua sebagai bahan mengingat-ingat kembali perjalan hidup yang kita jalani….

4 comments:

Anonymous said...

Saudaraku,

Sebuah pepatah mengatakan, bahwa "Mampu memahami orang lain adalah bijaksana, namun mampu memahami diri sendir adalah bijaksana sesungguhnya. Menguasai orang lain adalah kekuatan, namun menguasai diri sendiri adalah kekuatan yang sesungguhnya".

Semoga Allah SWT berikan kekuatan dan kemampuan dalam menguasai hal diatas dalam sisa-sisa usia kita. Insya Allah...amin

BangDhika said...

makasih baang... doakan ya bang ane dapat mengalahkan diri ane sendiri dan mampu mengalahkan ke-egoan ane...

Jaloee said...

betoel bangdika.. untuk menguasai/ merubah dunia pun, kita harus menguasai/merubah diri sendiri dulu..setujuuu

Anonymous said...

Orang menjadi besar tidak dengan menganggap kecil orang lain. Karena orang yang merasa besar dengan menganggap kecil orang lain, tidak lebih dari orang yang kerdil!